Langsung ke konten utama

PENGEMBANGAN WISATA BERBASIS PENGUATAN MASYARAKAT LOKAL

Pengembangan Masyarakat dapat dimaknai sebagai proses pembangunan sumberdaya manusia / masyarakat dalam bentuk penggalian kemampuan pribadi, kreatifitas dan daya pikir serta tindakan yang lebih baik dari waktu sebelumnya.



Pengembangan Masyarakat mempunyai banyak arti dan penafsiran namun demikian pada dasarnya pengembagan masyarakat tidak akan lepas dari inisiatif, peran serta dan kemandirian.




Sejalan dengan hal tersebut, Rumah Outbound Lembang | Earth for Child memposisikan sebagai fasilitator dan mediator untuk merealisasikan beberapa program berkelanjutan terkait dengan pengembangan masyarakat melalui beberapa program yang terangkum dalam 4 (Empat) Program Operasional Lembaga Pengembangan Masyarakat, yaitu :
- Program Pendidikan & Pelatihan
- Program Seni & Budaya
- Program Kesehatan & Lingkungan
- Program Sosial & Ekonomi
Sebagai bentuk realisasi program operasiona di atas, www.EarthforChild.id merupakan salah satu upaya yang kami lakukan




ARAH PROGRAM OPERASIONAL
Program Operasional Rumah Outbound Lembang | Earth for Child  disusun dalam bentuk beberapa PILOT PROJECT dan salah satunya berupa konsep terpadu dengan penguatan bidang PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT.

Pilot Project / Proyek percontohan pengembangan wisata ini dibuat dan dikembangkan dengan harapan tercapai tujuan jangka panjang dan berkelanjutan dengan titik berat pada :
- Income - Generation
- Ecotourism
- Conservation




MULTIPLIER EFFECT
Konsentrasi kegiatan tidak hanya bertumpu pada satu Proyek Percontohan / Pilot Project saja, melalui konsep strategi pengembangan proyek secara simultan, diharapkan akan memberikan manfaat positip dengan terbentuknya Pilot Project yang lain.  Keberhasilan satu bidang kegiatan , diarahkan dapat mendorong terbentuknya beberapa Usaha Mandiri yang dikelola langsung oleh masyarakat.

Untuk keberhasilan kegiatan, sistem pendampingan dilakukan  mulai dari tahap perencanaan sampai dengan pelaksanaan program, dan dievaluasi tingkat keberhasilannya.




KEMITRAAN
Konsep kemitraan dibangun dalam upaya mengajak peran serta semua pengambil keputusan "stake holder"  untuk ikut mebantu merealisasikan program pengembangan masyarakat ini.
Pendanaan proyek yang difasilitasi Rumah Outbound Lembang | Earth for Child digali dari beberapa penggalangan jaringan kemitraan dari :
- SWADAYA ( PENGEMBANGAN USAHA )
- LEMBAGA DANA LOKAL
- LEMBAGA DANA ASING
- PEMERINTAH
- PELAKU USAHA SWASTA
- DONATUR

Demikian sekilas tentang upaya kecil dari Rumah Outbound Lembang | Earth for Child sebagai bentuk peran serta dalam pengembangan masyarakat secara umum.

Kami masih membutuhkan partisipasi aktif berupa dukungan saran membangun dan pendanaan untuk merealisasikan beberapa proyek; untuk yang berempati dan ingin berpartisipasi atas upaya yang sedang kami masilitasi , dapat hubungi kontak Rumah Outbound Lembang | Earth for Child.

Salam Hijau
EARTH FOR CHILD
RUMAH OUTBOUND LEMBANG





Postingan populer dari blog ini

FUN TEAM BUILDING KONSEP EKOWISATA

. FUN TEAM BUILDING DENGAN KONSEP UNIK . TEAM BUILDING merupakan salah satu agenda aktifitas outbound yang dikemas dalam kegiatan Outing Gathering untuk : - Company Gathering - Family Gathering - Outbound Sekolah (PAUD/TK/SMP/SMA) - Gathering Organisasi / Komunitas - Outbound Training - dsb

PAKET FAMILY GATHERING

Acara kebersamaan dengan keluarga menjadi agenda penting bagi perusahaan, organisasi, komunitas maupun lembaga pendidikan / sekolah untuk menyelenggarakan kegiatan outing outbound yang dikemas dalam paket FAMILY GATHERING. Jalinan kebersamaan berupa jalinan silaturahmi antar karyawan serta anggota keluarga ini dikemas dengan beberapa konsep acara , mulai dari kegiatan wisata, acara belanja, aktifitas outbound, acara hiburan kebersamaan, dsb.

PAKET TREASURE HUNT DI BANDUNG

PAKET TREASURE HUNT OUTBOUND DI BANDUNG . Treasure Hunt dan Amazing Race Outbound yang dikemas WISATA RUMAH OUTBOUND LEMBANG | EARTH FOR CHILD, menawarkan konsep yang menarik. Dengan memasukan muatan edukasi dan konservasi budaya, kegiatan Outbound Team Building thematic ini dibuat secara eksklusive dengan memperhatikan karakteristik peserta dan muatan yang diinginkan.